BMT UGT Sidogiri Raih The Best Islamic Micro Finance


Koperasi BMT UGT Sidogiri mendapatkan penghargaan sebagai The Best Islamic Micro Finance Tahun 2014 dengan aset lebih dari Rp 50 miliar dari Karim Consulting Indonesia. Koperasi yang berdiri sejak 2000 ini, menempati ranking pertama dengan skor 288.62. Untuk peringkat kedua diduduki oleh BMT Beringharjo dengan skor 127,61, sedang peringkat ketiga diduduki oleh BMT Binamas dengan skor 99,94.

Peringkat tersebut merupakan hasil riset yang dilakukan oleh Karim Consulting Indonesia berdasarkan laporan keuangan periode 31 Desember 2011 dan 31 Desember 2012 beserta data keuangan terkait lainnya. Faktor-faktor yang menjadi penilaian dalam menentukan skor yaitu Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), Pertumbuhan Pembiayaan dan Tingkat Profibilitas (ROA & ROE).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh  Adiwarman A. Karim pendiri  Karim Consulting Indonesia kepada H. Mahmud Ali Zain mewakili Koperasi BMT UGT Sidogiri dalam Islamic Finance Award ke-10 pada Senin (24/2) di Thamrin Nine Ballroom Jakarta Pusat. Pada ajang tersebut bermacam penghargaan diberikan kepada Bank Umum Syariah, Unit Usaha Syariah, Bank Pembangunan Daerah Syariah dan Asuransi Syariah dalam berbagai kategori. Penghargaan yang diberikan kepada Koperasi BMT UGT Sidogiri adalah untuk kategori Micro Finance.

Penghargaan The Best Islamic Micro Finance Tahun 2014 yang diperoleh Koperasi BMT UGT Sidogiri merupakan penghargaan serupa yang pernah diterima pada tahun 2013. Dengan demikian selama dua tahun berturut-turut,  Koperasi BMT UGT Sidogiri mendapatkan penghargaan The Best Islamic Micro Finance dari Karim Consulting Indonesia.

“Penghargaan The Best Islamic Micro Finance Tahun 2014 menunjukkan bahwa fathonah atau profesionalitas pengelolaan Koperasi BMT UGT diakui oleh pihak luar. Sebab yang memberikan penghargaan adalah Karim Consulting Indonesia yang biasa memberikan peringkat kepada perbankan syariah dan asuransi syariah,” papar H. Mahmud Ali Zain setelah menerima penghargaan. Mokh. Syaiful Bakhri