H. Mahmud Ali Zain Dapat Penghargaan “Nahnu Ansorulloh”


Ketua Pengurus Koperasi BMT UGT Sidogiri H. Mahmud Ali Zain mendapat penghargaan “Nahnu Ansorulloh” dari Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua PP GP Ansor  Nusron Wahid  pada acara Apel Kebangsaan Banser dalam rangka memeringati Harlah GP Ansor yang ke-80 yang diselenggarakan di Gedung JX Internasional (Jatim Expo) Jalan Ahmad Yani No. 97-115, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu 4 Januari 2014 yang lalu. 

Dalam acara yang dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menpora Roy Suryo, Mendag Gita Wirjawan, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kapolri Jenderal Sutarman, Gubernur Jatim Soekarwo, Walikota Surabaya Tri Rismaharani dan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, H Mahmud Ali Zain menerima penghargaan “Nahnu Ansorulloh” bersama dengan dua tokoh pesantren lainnya yaitu KH Fuad Affandi (Bogor) dan KH Abdul Ghofur (Lamongan).

Mereka mendapat penghargaan karena dinilai berjasa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berbasis pesantren. “Tiga tokoh ini kami anggap sebagai tokoh inspirator muda, khususnya di kalangan anak muda NU. Ketiga tokoh kiai ini dinilai menjadi raw model pemberdayaan masyarakat berbasis pesantren, khususnya di bidang ekonomi,” jelas Nusron.

Penghargaan “Nahnu Ansorulloh” yang diberikan Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor kepada H. Mahmud Ali Zain semakin menambah koleksi penghargaan yang telah didapat oleh anggota DPD RI masa bakti 2004-2009 ini. Sebelumnya, pengawas manajemen Koperasi BMT Maslahah Sidogiri ini mendapat penghargaan dari PWNU Jawa Timur atas kiprah dan pengabdiannya dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat (2011) serta dinobatkan sebagai Tokoh Koperasi Jawa Timur (2012).

Selain itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga telah menganugerahkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia berupa Bintang Jasa Pratama kepada H. Mahmud Ali Zain Tahun 2008 bersama dengan 18 tokoh lainnya atas pengabdian dan jasa-jasanya yang luar biasa terhadap Negara dan Bangsa Indonesia. (gp-ansor.org dan msb)