Raih Penghargaan The Best Presenter dalam Forum Ilmiah Internasional

    Mokh Syaiful Bakhri Sabtu,24 Agustus 2019-04:15:23


    Manager Keuangan Koperasi BMT UGT Sidogiri, Abdus Salam, mengukir prestasi dalam forum  ilmiah internasional. Alumni Pondok Pesantren Sidogiri Tahun 2005 ini, berhasil meraih penghargaan The Best Presenter pada International Conference on Economics, Management and Accounting  yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta (Selasa dan Rabu, 20-21 Agustus 2019) di Swiss Hotel Serpong BSD Tangerang.

    Pada ajang ilmiah internasional yang bergensi itu, diikuti oleh 70 orang peserta dari berbagai Negara seperti India, Malaysia, Turki dan Negara lainnya. Berikut kisah sukses Abdus Salam seusai meraih penghargaan ilmiah yang bergengsi itu.

    Alhamdulillah, kemarin dapat anugerah dan nikmat dari Allah SWT, berupa Penghargaan The Best Presenter Ilmiah Paper pada International Conference on Economics, Management and Accounting, yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta, bertempat di Swiss Hotel Serpong BSD Tangerang.

    Di samping penghargaan, juga ada hadiah amplopnya. Lumayan lah buat tasyakkuran mayoran tanak terong dan Ikan bakar buat kawan-kawan yang sudah request di Sidogiri. Hehe..

    Awalnya terkejut, ketika diminta oleh dosen saya di Universitas Trisakti Jakarta untuk buat artikel ilmiah di jurnal dan diikutkan di ajang International Conference. Mana harus pakai bahasa Inggris lagi, dan waktunya mepet banget: 2 hari. Dan kalau pun berhasil masuk, harus keluar ongkos ke Jakarta. Apalagi pekerjaan di kantor banyak yang harus segera diselesaikan, ditambah anak-anak minta didaftarkan ke sekolah barunya di Karanganyar, Kraton, Pasuruan.

    Kelemahan saya adalah seringkali memanfaatkan moment "The Power of Kepepet". Jadi, tugas-tugas itu dikerjakan in the last time, menjelang H-1 deadline. Akibatnya, bisa ditebak, ibarat orang sedang resah, gelisah dan keburu cepet selesai, maka wajib lembur, mulai pagi, siang hingga malam. Dan tidak bisa diganggu sedikitpun, oleh siapa pun. Termasuk istri dan anak-anak. Lupa makan, tidur, dan lupa main sama anak-anak. Fokus sama satu tujuan. Target: malam ini harus selesai, dan kirim ke panitia.

    Untungnya, saya tipe orang yang Perfectionist. Kebiasaan jeli dan teliti sejak di pondok, menjadikan diri saya bersifat Perfectionist. SEGALA sesuatunya harus tetap sempurna. Mulai edit grammar, pilihan font, warna font, bentuk naskah, dan desain power point-nya. Karena sering bantu-bantu orang besar buatkan materi power point.

    Jadi sedikit sotoy tentang desain yang cakep dan copy paste template ppt punya orang yang apik dan bagus dipandang. Hehehe... Maklum, saya punya hobi ngumpulin template power point yang unik dan menarik punya orang lain. Kupikir, suatu saat pasti dipakai dan bermanfaat. Eehh... Beneran.

    Walau harus begadang mulai pagi, hingga jam 02.30 WIB malam, dan sedikit mengambil waktu kebersamaan dengan keluarga. Tapi akhirnya terbayar dengan menjadi peserta terbaik di ajang konferensi international.

    Semoga lelahnya menjadi lillah, dan dosa-dosa saya terhadap keluarga, diampuni sareng Gusti Allah. Amiinn.. Hadiah dan Penghargaan ini untuk mereka. Merekalah the real Winner. Tanpa dukungan keluarga, tak akan bisa mencapai kemenangan ini. Terimakasih untuk Istri dan anak-anakku, yang telah sudi waktu kebersamaannya digadaikan. Hiks..

    Satu hal yang bisa saya sharing kepada kawan-kawan sebagai motivasi, bahwa jangan pernah putus asa, dan jangan pernah merasa nggak PD. Yakin, Yakin dan Yakin bisa dan Yakin Menang. Bisa jadi ini salah satu kelebihan saya, sejak ngirim materi pertama kali melalui email, saya kok merasa yakin akan lancar dan menang.

    Padahal belum pernah coba presentasi paper dalam forum resmi pakai bahasa Inggris, dan tanya jawab pakai bahasa Inggris pula. Lalu keyakinan itu, saya bawa ke dalam doa usai shalat, dalam sujud dan ditransfer kepada Yang Kuasa dalam paruh malam saat sebagian peserta lainnya mungkin terlelap dalam mimpi indahnya. Yang kuminta, biarlah malam ini menjadi mimpi indah mereka, dan besok menjadi mimpi indah diriku yang menjadi nyata.

    Orang sukses adalah orang yang tetap berusaha maksimal dan tidak lupa dengan keagungan Tuhan. Keduanya harus balance. Kata orang tua saya dulu, orang yang bangun malam itu, akan menemui kebahagiaan di siang harinya. Setting Alarm-mu, tegakkan kepalamu, langkahkan kakimu menuju tempat shalat, dan ajak dialog Tuhanmu. Bro.. Cerita Sukses itu mudah. Tapi menjalani kisah sukses itu berraattt. Biar saya saja yang jalani. Hehe


    Tinggalkan komentar:

    Baca Juga

    Beda Produk Beda Kelas Anggota

    1 minggu yang lalu

    Layani Pembelian Tiket Pesawat dan Kereta Api

    2 minggu yang lalu

    Nikmati Kemudahan Transaksi Melalui Mobile UGT

    3 minggu yang lalu

    Kalangan Akademisi Terkesan dengan BMT Sidogiri

    4 minggu yang lalu

    Cabang Khusus Ungguli Sitiarjo dalam Perolehan Tabungan Si Mantab

    1 bulan yang lalu