Makna Kembali pada Jatidiri Santri

    Mokh Syaiful Bakhri Kamis,11 Juli 2019-07:51:45


    Misi baru Koperasi BMT UGT Sidogiri yang pertama adalah mengelola koperasi yang sesuai dengan jatidiri santri. Malah, di antara enam misi barunya salah satunya menyebutkan, pengelolaan Koperasi BMT UGT Sidogiri yang sejalan dengan “kitab salaf” dan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis UIama Indonesia.   Misi baru ini cukup mendapat perhatian dari sebagian anggota karena berbeda dengan misinya yang lama. Misi Koperasi BMT UGT Sidogiri pertama yang lama yaitu “mengembangkan kepeduliaan sosial”.  Dari lima misinya yang lama, tidak satupun yang menyebutkan kata “santri” dan “kitab salaf”.

    Untuk menjelaskanhal di balik misi baru “kembali kepada jatidiri santri” tersebut, Sekretaris Koperasi BMT UGT Sidogiri Muhammad Imron Husnan menyatakan, “Pengelolaan Koperasi BMT UGT Sidogiri itu dapat diibaratkan dengan perjalanan kereta api yang harus berjalan sesuai dengan relnya. Apabila kereta tersebut melenceng dari relnya, maka perjalanannya tidak akan sampai pada tujuannya.

    Yang dimaksud dengan kembali kepada relnya, lanjutnya, yaitu kembali kepada jatidiri santri dalam mengelola Koperasi BMT UGT Sidogiri. “Untuk itu, kami arahkan kepada para karyawan untuk kembali kepada jatidiri santri; dekat dengan madrasah, berkhidmah kepada pesantren dan masyarakat. Karyawan yang sebelumnya mengajar di madrasah lalu berhenti kami arahkan untuk kembali menjadi guru di madrasah. Bila masuk madrasah itu jam 13.30 WIB, maka kami izinkan karyawan tersebut untuk pulang lebih awal agar bisa berkhidmat sebagai mengajar di madrasah,” jelasnya.

    Namun, katanya, kembali kepada jatidiri santri itu memang tidak mudah untuk diwujudkan. Banyak tantangan yang harus dihadapi untuk mewujudkan misi tersebut. Namun dengan dilandasi semangat untuk saling mengingatkan, kembali kepada jatidiri santri itu akan dapat diwujudkan. “Kami menyadari, bekerja di lembaga keuangan itu banyak sekali godaannya. Godaan inilah yang dapat memudarkan terhadap jatidiri santri. Apabila di antara kami ada yang tergiur dengan godaan,  maka kami ingatkan kepada misi pertama dalam bekerja yaitu kembali kepada jatidiri santri,” imbuhnya.


    Tinggalkan komentar:

    Baca Juga

    Kalangan Akademisi Terkesan dengan BMT Sidogiri

    4 hari yang lalu

    Cabang Khusus Ungguli Sitiarjo dalam Perolehan Tabungan Si Mantab

    1 minggu yang lalu

    Hadiah 30 Paket Umrah Tabungan Si Mantab Diundi Akhir 2019

    3 minggu yang lalu

    Cabang Sitiarjo Ranking 1 Perolehan Tabungan Si Mantab

    4 minggu yang lalu

    SI Mantab Jadi Tabungan Keluarga

    1 bulan yang lalu