Saatnya Alumni Pesantren Bantu Nelayan

    Mokh Syaiful Bakhri Minggu,07 Oktober 2018-03:46:19


    Ketua Pengurus Koperasi BMT UGT Sidogiri H. Mahmud Ali Zain mengusulkan agar para alumni pondok pesantren membantu mengangkat nasib nelayan yang saat ini masih berasa pada posisi yang lemah dan tertindas. Sebagai produsen perikanan di Indonesia, posisi nelayan masih lemah. “Mereka berada pada posisi lemah karena tidak dapat menentukan harga sendiri,” tulisnya dalam grup WA Forum Alumni Sidogiri, Sabtu (6/10/2018).

    Untuk itu, dia usulkan dibentuknya wadah usaha alumni di sektor perikanan atau kelautan untuk membantu mengangkat nasib nelayan. “Saya melihat banyak dana-dana umat yang belum dipakai apakah berupa CSR/PKBL maupun berupa dana zakat atau berupa wakaf. Dana-dana tersebut dapat digunakan untuk membantu nelayan dari posisi yang lemah dan tertindas,” ungkapnya.

    Selama ini para alumni pondok pesantren telah berhasil mengembangkan usaha dalam sektor keuangan mikro syariah. Koperasi BMT UGT Sidogiri dan Koperasi BMT Maslahah yang didirikan oleh para alumni pesantren telah berhasil berprestasi secara nasional. Demikian juga, para alumni pondok pesantren juga mampu mengembangkan koperasi pertanian seperti Koperasi Agro Sidogiri.

     Namun, badan usaha dalam sektor perikanan masih belum dikembangkan oleh para alumni pesantren.  Untuk itu, H. Mahmud Ali Zain mengusulkan sudah saatnya alumni pondok pesantrn membantu kaum nelayan karena kaum nelayan masih berada pada posisi lemah. “Seharusnya kita serius membela mereka agar posisi para nelayan pindah dari kelompok yang tertindas menuju kelompok yang kuat,” ujarnya.

     

    Oleh karena itu, dia mengajak para alumni pondok pesantren untuk memfasilitasi para nelayan membuat koperasi nelayan sehingga mereka berada pada "bargining position" yang kuat.

    “Selama ini kaum nelayan itu tergolong sebagai kelompok yang tertindas. Ayo para alumni bantu para nelayan agar nasib mereka tidak tertindas,” tandasnya.

     


    Tinggalkan komentar:

    Baca Juga

    Delegasi ISEF Field Study di BMT Sidogiri

    2 hari yang lalu

    Awal Minggu Ke-2 Penambahan Simpanan Anggota Capai Rp 8,9 Miliar

    5 hari yang lalu

    Dibuka Penambahan Simpanan Anggota

    1 minggu yang lalu

    Dapat Tambahan 2123 Anggota Baru Total Anggota Jadi 20235

    1 minggu yang lalu

    Buruan Daftar, 4 Hari Lagi Pendaftaran Anggota Baru Ditutup

    2 minggu yang lalu