Dibutuhkan Kerja Nyata Alumni yang Anfauhum Linnas

    Mokh Syaiful Bakhri Senin,09 Juli 2018-04:08:30


    Kerja nyata alumni pesantren yang mengarah kepada anfauhum linnas atau yang bermanfaat terhadap manusia sangat dibutuhkan oleh umat. “Alumni diharapak tidak hanya pandai mengkritik kerja orang lain. Tapi perlu menenjukkan kerja nyata yang anfauhum linnas sebagai implementasi dari dua sayap visi alumni yakni khidmatan lil mahad dan khidmatan lil ummah,” tulis H. Mahmud Ali Zain dalam jejaring sosial WA Forum Alumni Sidogiri.

    Menurut Ketua Pengurus Koperasi BMT UGT Sidogiri ini, saat ini ada beberapa gerakan anfauhum linnas yang melibatkan alumni seperti gerakan Koperasi 212 dan gerakan koinisasi. Di gerakan koin ada alumni yang bergerak yaitu Ustadz Sulton Fatoni yang saat ini sebagai Ketua di PBNU pusat, sedangkan di gerakan Koperasi 212 ada Ustadz  Abdussalam, Ustadz Abdul Majid Umar dan Ustadz Cholil Navis.

    “Namun, kedua gerakan tersebut perlu dirajut dan tidak perlu saling menafikan agar lebih terlihat manfaatnya,” paparnya.

    Gerakan koinisasi, lanjutnya,  perlu ditambah melibatkan banyak alumni yang ikut menggerakkan sehingga hasilnya lebih optimal. Di Sidogiri sendiri ada  gerakan sosial yang dihimpun dalam LAZ Sidogiri dan L-Kaf Sidogiri. “Dulu pernah ada alumni yang sudah  masuk dalam lembaga wakaf  Nasional yaitu BWI (Badan Wakaf Indonesia)  tingkat pusat sebagai wakil Sekjen yaitu Ustadz Cholil Navis,” jelasnya.

    Namun, tambahnya, setelah dua periode tidak ada alumni yg menggantikannya di  BWI Pusat. Tapi masih ada alumni yang aktif di BWI Provinsi Jatim yaitu Ustadz Basori Alwi Pasuruan. Semoga  peran mereka bisa mewujudkan visi anfauhum linnas.


    Tinggalkan komentar:

    Baca Juga

    Rakernas Tahun Buku 2019

    5 hari yang lalu

    Green Giri Village Promo Muharram Bebas BPHTB

    1 minggu yang lalu

    BMT UGT Bantu Korban Gempa Lombok

    3 minggu yang lalu

    BMT UGT Layani Pembiayaan Kafalah Haji

    1 bulan yang lalu

    Mengenal Pembiayaan Perjalanan Umrah

    1 bulan yang lalu