Tanggal :  
 
 

 UGT SIDOGIRI

Kantor Pusat:
Jl. Sidogiri Barat RT.03 RW.02
Kraton Pasuruan 67151
Jawa Timur

Telp : 0343 423251
Fax : 0343 423571

Email Redaksi:
redaksi.bmtugtsidogiri@gmail.com
 Statistik Pengunjung
Pengunjung hari ini : 60
Total pengunjung : 261256
Pengunjung online : 6



 Agenda UGT :

  • RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) TAHUN BUKU 2013...
    Tgl : 22 Februari 2014
    Jam :
  • RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) TAHUN BUKU 2014...
    Tgl : 21 Februari 2015
    Jam :
  • RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) TAHUN BUKU 2015...
    Tgl : 20 Februari 2016
    Jam :
  • RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) TAHUN BUKU 2016...
    Tgl : 26 Februari 2017
    Jam :


  • Apakah web UGT bermanfaat bagi anda?

    Tidak Informatif
    Informatif
    Biasa

    Hasil Poling



    Link UGT :

     
    Etika Rasulullah SAW dalam Berbisnis


    Dalam buku Muhammad sebagai Pedagang,  Afzalurrahman (2000) menyebutkan, Rabi bin Badr pernah melakukan kerjasama bisnis (joint venture)  dengan Muhammad SAW. Seusai kerjasama tersebut, keduanya lama tidak bersua. Ketika belakangan mereka bertemu lagi, Muhammad SAW mengatakan, “Apakah engkau masih mengenaliku?”. Rabi bin Badr menjawab, “Engkau pernah menjadi mitraku dan mitra yang paling baik pula. Engkau tidak pernah menipuku dan tidak pernah berselisih denganku.”

    Apa yang beliau lakukan itu merupakan langkah untuk membangun kepercayaan dan dapat dipercaya dalam bisnis. Inilah yang dalam bisnis saat ini disebut dengan trust yang nilainya jauh lebih penting daripada kapital. Sedangkan dalam bahasa Arab, trust itu hampir identik dengan gelar yang diberikan oleh penduduk Makkah kepada Nabi Muhammad SAW yaitu “Al-Amin”.  

    Karena itulah beliau semakin dipercaya baik oleh para pembeli, pedagang, mitra usaha ataupun pemilik modal. Maka dari itu, banyak pihak terutama dari kalangan pedagang yang tertarik untuk menjalin kemitraan usaha dengan beliau. Inilah yang menjadi pintu masuk aliran modal usaha untuk dikelola oleh beliau dengan mendapat imbalan berupa upah ataupun bagi hasil atas keuntungan yang didapat.

    Karier beliau dalam berdagang mulai meningkat ketika mendapat kepercayaan dari para investor untuk menjalankan barang-barang dagangan mereka. Beliau dipercaya oleh para pemilik modal untuk menjadi seorang pengeloa investasi (investment manager). Sebagai seorang investment manager atau mudhaarib dalam bahasa Arabnya,  beliau menjalankan usaha para pemilik modal (shahibul maal) dengan imbalan berupa upah (fee based) ataupun bagi hasil (profit sharing)

    Salah seorang investor yang menaruh kepercayaan adalah Khadijah, seorang pengusaha wanita kaya di Makkah yang kelak bakal menjadi istri beliau. Amanah dari para pemilik modal tersebut beliau jalankan dengan sungguh-sungguh, penuh tangung jawab dan dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, beliau mengadakan perjalanan dagang ke pasar-pasar yang berada jauh darikotaMakkah bahkan sampai keYaman,Syria,Busra,Iraq, Yordania danBahrain.

    Parainvestor seperti Khadijah berani menyerahkan modal usaha kepada beliau karena sangat mempercayai reputasi dan kredibilitas beliau. Selain kedua faktor tersebut, hal yang membuat para investor tertarik adalah kemampuan beliau dalam memberikan keuntungan dua kali lipat dibandingkan dengan investment manager lainnya.

    “Ketika Khadijah mendapati bahwa Muhammad SAW memperoleh keuntungan yang sangat besar yang belum pernah diraih oleh siapapun sebelumnya, maka Khadijah memberikan bagian keutungan  yang lebih besar daripada yang telah mereka berdua sepakati sebelumnya,” tulis Antonio yang mengutip buku Al-Siirah al-Nabawiyah karya Ali Muhammad Al-Shalabi.

    Kemudian setelah menikah—tak lain dengan pengusaha yang mempercayainya, Khadijah—tak banyak catatan yang menyebutkan bagaimana kelanjutan karier bisnis beliau. Besar kemungkinan beliau menggabungkan modal usaha yang dimiliki dengan modal usaha yang dimililiki oleh istrinya yang memang merupakan seorang pengusaha.

    Nasihat-nasihat Bisnis Rasulullah SAW

    Ujaran-ujaran beliau yang terkait dengan aspek bisnis dan perniagaan banyak berterbaran dalam berbagai kitab-kitab hadis. Beliau memberikan motivasi kepada para sahabatnya untuk rajin bekerja dan berusaha. Beliau bersabda, “Berusaha untuk mendapatkan penghasilan yang halal merupakan kewajiban di samping sejumlah tugas lain yang diwajibkan.” (HR. Baihaqi dan Thabrani)

    Begitupula, beliau memberikan apresiasi yang tinggi kepada para sahabatnya yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Dalam sebuah sabdanya beliau memuji seorang yang bekerja atau membuka usaha dengan keringatnya sendiri. Beliau bersabda, “Tidak ada satu pun makan yang lebih baik daripada yang dimakan dari hasil keringat sendiri.” ( HR. Bukhari)

    Beliau juga memberikan perhatian kepada para pedagang yang jujur dan dapat bercaya. Beliau menyebutkan bahwa para pedagang yang jujur itu menempati kedudukan yang istimewa bersama para syuhada di surga. Beliau bersabda, “Pedagang yang jujur dan dapat dipercaya akan bersama para nabi, orang-orang yang benar-benar tulus dan para syuhad.” (HR. Bukhari)

     

    Mokh. Syaiful Bakhri

     


    Berita dan Artikel yang lain
    Pendaftaran Baru Tambah Modal Anggota Rp 17,9 Miliar
    Rabu, 13 Desember 2017 - 03:32:43 WIB
    BMT UGT Sidogiri Dapat Tambahan 1.848 Anggota Baru
    Minggu, 03 Desember 2017 - 03:42:35 WIB
    Kesempatan Menambah Simpanan Anggota
    Sabtu, 02 Desember 2017 - 01:25:36 WIB
    Penjelasan Pengurus Tentang Waktu Pendaftaran dan Penambahan Simpanan Anggota
    Minggu, 26 November 2017 - 04:50:59 WIB
    Etika Rasulullah SAW dalam Berbisnis
    Minggu, 26 November 2017 - 01:43:26 WIB
    Masih Terbuka Kesempatan Jadi Anggota BMT UGT Sidogiri
    Jumat, 24 November 2017 - 11:18:26 WIB
     
         
     
    Copyright UGT Sidogiri @ Mei 2011